Asosiasi Forensik Digital Indonesia – AFDI

Setelah melalui diskusi yang cukup intensif antar beberapa pihak penggiat forensik digital di Indonesia, akhirnya secara resmi pada tanggal 17 November 2015 bertempat di Ruang Serbaguna Kominfo telah di bentuk Asosiasi Forensik Digital Indonesia (AFDI). Tujuan mulia dari AFDI ini adalah untuk menjadi rumah besar bagi para penggiat forensik digital di Indonesia, baik yang sifatnya profesional maupun akademik. Secara garis besar Tujuan dari pendirian AFDI ini adalah sbb:

  1. Menghimpun dan mengkoordinir para analis dan peminat forensik digital dalam suatu wadah Asosiasi sehingga menghasilkan manfaat untuk kemajuan anggota Asosiasi itu sendiri maupun bagi bangsa dan negara.
  2. Memberikan edukasi dan sosialisasi tentang forensik digital kepada masyarakat Indonesia.
  3. Menjadi referensi bagi antar anggota Asosiasi untuk memahami, mengerti dan menambah wawasan/pengetahuan tentang seluk beluk forensik digital.
  4. Menjadi sarana komunikasi, sarana tukar informasi dan interaksi anggota Asosiasi sehingga mampu mengakselerasi perkembangan dan penerapan forensik digital di Indonesia.
  5. Menjalin hubungan profesional dengan stakeholder lain termasuk menjadi mitra kritis dan konstruktif bagi pemerintah.
  6. Menyusun dan mengembangkan standar kompetensi analis forensik digital, standar mutu hasil pemeriksaan/analisa forensik digital, dan kode etik profesi analis forensik digital di Indonesia.
  7. Membantu proses akreditasi ISO untuk laboratorium-laboratorium forensik digital di Indonesia.
  8. Mendukung pengembangan solusi teknologi berupa hardware dan software dalam negeri di bidang forensik digital.

Berikut ini beberapa informasi dari media tentang pembentukan AFDI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *